Rabu, September 03, 2008

20 Hal Tentang Pearl Jam


Begini nih kalo males cek di blog PJ ID, jadinya gw ketinggalan berita. Gw dapetin ini dari millis Pearl Jam Indonesia dan juga terdapat di blog Pearl Jam Indonesia dan gw tertarik untuk mengcopy paste ke blog gw. Alasannya adalah untuk menambah pengetahuan bagi gw dan Jammers lainnya yang pada males ngecek di blog PJ ID. Ini pun gw tau setelah Farry mem-posting ulang di millis :D.



20 Hal Tentang Pearl Jam

1. Eddie Vedder at least di sebut dalam 3 buah lagu dari band/musisi lain: Eddie Vedder: (Local H), My Baby is in Love with Eddie Vedder (Weird Al Yankovic), Better than Eddie Vedder serta Me and Eddie Vedder (Rugburns). Belom termasuk lagu yang ada kandungan Eddie Vedder di dalemnya.

2. Eddie Vedder punya dua pedal efek gitarnya. Masing-masing diberi nama Soap (untuk efek bersih/clean) dan Dirt (untuk efek distortif).

3. Eddie Vedder menjadi cover-boy (secara harafiah) dari grunge movement ketika muncul di cover majalah Time bertajuk All the Rage: Angry Young Rockers Like Pearl Jam Give Voice to the Passion and Fears of a Generation.

4. Better Man ditulis Eddie Vedder ketika masih bareng Bad Radio. Member PJ yang lain belum pernah mendengarnya sampai ketika proses rekaman album ketiga, Vitalogy. Stone Gossard yakin Eddie Vedder masih punya banyak materi yang ngga di-share ke Pearl Jam.

5. Eddie Vedder, Stone Gossard dan Jeff Ament tampil sebagai member band Citizen Dick dalam film arahan Cameron Crowe berjudul Singles.

6. Band udah gonta-ganti drummer, mirip dengan band parodi Spinal tap. Dave Krusen, Dave Abbruzzese dan Jack Irons pernah secara resmi mengisi posisi yang sekarang digawangi Matt Cameron. Belum lagi dua drummer non resmi yang pernah terlibat dalam sejarah Pearl Jam, di antaranya Matt Chamberlain.

7. Pearl Jam identik dengan basket. Bassis Jeff Ament adalah yang paling fanatik. Dirinya pernah menjadi wakil negara bagian Montana dalam kejuaraan antar-SMU se-Amerika. Jeff menulis lagu tentang pebasket Kareem Abdul Jabbar yang bernama asli Lew Alcindor dalam lagu Sweet Lew (Lost Dogs). Jeff pula yang mengusulkan nama Mookie Blaylock, guard terkenal NBA di awal 90-an, sebagai nama band sebelum Pearl Jam. Eddie Vedder bersahabat karib dengan Dennis Rodman yang juga turut mengisi suara dalam lagu Black Red Yellow (Lost Dogs).

8. Eddie Vedder memakai kaos bertuliskan K, sebagai penghargaan untuk Kurt Cobain, vokalis Nirvana ketika tampil di show David Letterman pada 16 April 1994 (11 hari setelah kematian Kurt). Eddie Vedder menambahkan tag dari lagu Neil Young, Hey Hey My My (Into the Black) yang merupakan suicide note Cobain: It's better to burnt out, than fade away.

9. Nama asli Eddie Vedder adalah Edward Louis Severson III. Di sekolah, Eddie Vedder dikenal sebagai Eddie Mueller, nama ayah tirinya sebelum akhirnya memakai nama maiden ibunya, Vedder.

10. Di beberapa konser rahasia, Pearl Jam sering menggunakan nama panggung Piss Bottle Men (mengacu lagu Mike Watt), The Honking Seals, dan David J. Gunn Band.

11. Beberapa lagu dalam album kelima, Yield, terpengaruh oleh buku Daniel Quinn berjudul Ishmael. Pada masa pembuatannya, member band saling bergiliran membaca novel tersebut sebelum akhirnya merekomendasikan ke penggemar melalui annual newsletter. (Buku Ishmael udah ada tuh versi terjemahan Indonesianya - penerj).

12. Eddie Vedder beberapa kali didaulat menyanyikan Take Me Out to the Ball Game untuk klub baseball Chicago Cubs yang merupakan anthem traidisional sebelum pertandingan olahraga yang menggunakan bola (basket, football, dan baseball) di Amerika. Eddie Vedder memang berasal dari Chicago (lahir di Evanston Illinois). Selain untuk Cubs, Eddie Vedder juga pernah menyanyikan untuk Chicago Bulls.

13. Eddie Vedder empat kali didaulat sebagai induktor dalam hajatan Rock N Roll Hall of Fame: The Doors (1993), Neil Young (1995), The Ramones (2002) dan REM (2006).

14. Member dari Pearl Jam mempunyai beberapa band sampingan, di antaranya: Three Fish (Jeff Ament), Mad Season dan Rockfords (Mike McCready), Brad dan Bayleaf (Stone Gossard), Wellwater Conspiracy (Matt Cameron) dan Hovercraft (Eddie Vedder dengan nama samaran Jerome).

15. Mike McCready mengisi part lead gitar untuk band Stillwater di film Cameron Crowe: Almost Famous.

16. Eddie Vedder mempunyai tatto logo grup lingkungan radikal Earth First!.

17. Matt Cameron menyanyikan lagu di salah satu film cult klasik: Attack of the Killer Tomatoes ketika dirinya berusia 15 tahun. Matt di-credit sebagai Ma Foo dalam film tersebut.

18. Eddie Vedder menemukan lirik lagu Life Wasted dalam perjalanan pulang dari pemakaman sahabatnya, musisi legendaris Johny Ramone.

19. Pearl Jam melakukan debut penampilan pada 22 Oktober 1991 di sebuah klub bernama Off Ramp di kota Seattle.

20. Hits tersukses Pearl Jam adalah lagu berjudul Last Kiss yang aslinya merupakan daur ulang lagu lama milik J. Frank Wilson and the Cavaliers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar